UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD INPRES MAGELO’O
DOI:
https://doi.org/10.31571/bc5nfx42Abstrak
Membaca yakni hal mendasar pada setiap individu dalam melaksanakan tahapan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa di SDI Mageloo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data interaktif Miles dan Huberman, yakni mencakup reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan simpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa minat baca siswa di SDI Mageloo masih rendah. Dengan demikian guru melakukan upaya: Pertama, pembiasaan melalui gerakan literasi sekolah, dengan cara membiasakan siswa dalam membaca selama 15 menit sebelum pembelajaran berlangsung. Kedua, memberikan tugas membaca kepada siswa.
Kata Kunci: Upaya guru, Minat baca, Siswa.
Referensi
Yamin, Akhmad. 2020. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di MIN 6 BARITO KUALA.
Luchiyati, Anjas & Rezania, Vanda. 2022. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Dasar.
Miles dan Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook Edition 3. USA: Sage Publication.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R & D. Bandung Alfabeta.
Siregar, A. R. (2004). Upaya meningkatkan minat baca siswa disekolah.
Darmono. (2001: 182). Upaya meningkatkan minat baca siswa disekolah.
Hardjoprakosa. (2005: 145). Dampak minat baca siswa.
Dalman. (2014:146). Dampak minat baca siswa.
Nurhadi. (2016). Upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fatmawati Fatmawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.