ANALISIS AKRONIM PADA SEKELOMPOK KALANGAN REMAJA KECAMATAN HULU GURUNG KABUPATEN KAPUAS HULU

Penulis

  • Jeri Wardati IKIP PGRI Pontianak
  • Mai Yuliastri Simarmata
  • Indriyana Uli

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i1.96

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah Akronim pada sekelompok kalangan remaja Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan subfokus penelitian tersebut. Metode deskriptif adalah metode deskriptif dengan bentuk kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik obserfasi partisifif, wawancara, dan dokumentasi dengan alat pengumpulan data Alat perekam, alat tulis/buku catatan, pedoman wawancara, dan Camera. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan akronim sekelompok kalangan remaja sekelompok kalangan remaja. Teknik analisis data menggunakan Teknik model interatif. Hasil penelitian ini yaitu bentuk akronim yang dilucukan dan bentuk akronim interjeksi.

 

Kata kunci: bentuk akronim

Referensi

Alwi, Hasan. (2010) Tata Bahasa Baku Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Andika, Yunilis. (2016). Analisis Penggunaan Bahasa Slang Anak Muda Prancis Dalam Grup Rencotere Facebook. Jurnal Cendekia.

Arisanti, Yosi Lida. (2018). Penggunaan Akronim dan Singkatan dalam Media Sosial. Jurnal Literasi Vol. 2. Jurnal Cendikia.

Asih, Avra Jumasha Refri dan Wahyuni, Uli. (2019). Penggunaan Singkatan Dan Akronim Dalam Berita Kriminal Harian Tribun Jambi Pada Bulan Maret 2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 3. Jurnal Cendikia.

Chaer, Abdul. (2013). Kajian Bahasa. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2017). Kajian Bahasa. Jakarta: Rineka.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Emzir. (2008). Metode Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta. Raja

Diterbitkan

2021-06-29

Terbitan

Bagian

Vol.2 No.1 (2021)

Cara Mengutip

ANALISIS AKRONIM PADA SEKELOMPOK KALANGAN REMAJA KECAMATAN HULU GURUNG KABUPATEN KAPUAS HULU. (2021). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 49-60. https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i1.96

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>