KAJIAN FEMINISME DALAM NOVEL KIM JI YOUNG BORN 1982 KARYA CHO NAM JOO

Penulis

  • Erika Fujianty IKIP PGRI Pontianak
  • Lizawati Lizawati
  • Muhammad Lahir

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i2.99

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kajian feminisme yang terdapat dalam novel Kim Ji-yeong Born 1982 Karya Cho Nam Joo. Metode penelitian ini berupa metode penelitian deskriptif, bentuk penelitian berupa kualitatif, teknik pengumpulan yang digunakan teknik studi dokumenter, teknik analisis yang digunakan yaitu konten analisis, teknik pemeriksaan keabsahan yang digunakan yaitu triangulasi teori dan pemeriksaan rekan sejawat, dengan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu feminisme yang memaparkan tentang permasalahan perempuan dan ketidakadilan yang dialami oleh kaum perempuan. ketidakadilan yang dialami oleh kaum perempuan sudah sering terjadi dari zaman dahulu, dari mulai ketidakadilan di bidang sosial, budaya, adat serta kebiasaan yang sering kali membuat kaum perempuan terpojokkan dan kaum perempuan sulit untuk berkembang. Hal inilah yang menjadi cikal bakal munculnya gerakan feminisme, yaitu gerakan perjuangan wanita untuk mendapatkan keadilan gender serta kesetaraan gender.

 

Kata Kunci: Feminisme, Perempuan, Novel

Referensi

Emzir dan Rohman, Saifur. (2016). Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Fakih Mansour. (2020). Analisi Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Insist Press.

Nurgiantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sugihastuti, dan Suharto. (2015). Kritik Sastra Feminis:Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uli, I dan Lizawati. (2019). Sastra Lama. Pontianak : Enggang Media.

Wiyatmi. (2012). Kritik Sastra Feminis Teori dan Aplikasinya dalam Sastra Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Diterbitkan

2022-01-21

Terbitan

Bagian

Vol.2 No.2 (2021)

Cara Mengutip

KAJIAN FEMINISME DALAM NOVEL KIM JI YOUNG BORN 1982 KARYA CHO NAM JOO. (2022). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 34-47. https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i2.99

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama